Mengartikan Rambut Rontok Pada Anjing dan Kucing

By : Margaretha Dhea Sintha



(Sumber : Petassure.com)

Bagi yang memiliki anjing dan kucing peliharaan pasti mengerti betapa menyebalkannya serpihan-serpihan rambut yang menempel diseluruh penjuru ruangan. Permasalahan rambut rontok pada anjing dan kucing merupakan masalah yang sering ditemui. Beda cerita jika yang dipelihara adalah kucing Sphynx yang nyaris tak berambut. Lantas apakah kerontokan rambut pada anjing dan kucing itu normal? Atau justru menjadi pertanda masalah yang lebih besar?


1. Rambut rontok pada hewan peliharaan itu normal!

Sudah pernahkah mendengar istilah shedding? Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia shedding berarti pengguguran atau pergantian. Anjing dan kucing memiliki siklus pergantian rambut dan ini merupakan hal yang normal, tujuannya untuk mengganti rambut yang lama dengan rambut yang baru. Banyak atau tidaknya kerontokan yang dialami oleh anjing dan kucing saat shedding tergantung pada ras mereka. Misalnya, pada ras anjing Siberian Husky memiliki lapisan rambut yang tebal, sehingga menyebabkan rambutnya terus menerus mengalami kerontokan. Sedangkan ras anjing Pug memiliki sedikit rambut untuk dirontokkan. Begitu pula pada kucing, ras yang memiliki rambut dengan lapisan tebal cenderung akan lebih banyak merontokkan rambut dibandingan dengan yang memiliki sedikit rambut.

Selain ras, faktor cuaca juga berpengaruh dalam kerontokan rambut pada anjing dan kucing. Perubahan cuaca ekstrim dari dingin ke panas akan menyebabkan kerontokan yang drastis pada anjing dan kucing, apalagi kalau mereka tinggal diluar rumah. Sedangkan jika tinggal di dalam rumah, mereka akan tetap mengalami shedding meskipun tidak terlihat jelas. 

Berarti kerontokan rambut pada anjing dan kucing itu normal, dan bukan pertanda bahaya?

Belum tentu.



Kerontokan rambut pada kucing yang menyebabkan kebotakan.
(Sumber : Catsact.com)

2. Kerontokan rambut anjing dan kucing juga pertanda buruk

Rambut rontok pada anjing dan kucing bukan hanya siklus normal, namun bisa juga menjadi suatu pertanda buruk. Menurut American Animal Hospital Association (AAHA) kerontokan rambut juga bisa menjadi pertanda mereka memiliki nutrisi yang buruk, alergi, terserang infeksi parasit seperti kutu dan tungau, infeksi bakteri dan jamur, atau mengalami gangguan sistem organ seperti hati, bahkan sampai pertanda terserang penyakit kanker. Bagaimanakah caranya membedakan kerontokan rambut yang normal dengan kerontokan rambut abnormal? Jika kerontokan rambut anjing dan kucing disertai adanya iritasi kulit seperti ruam, benjolan kemerahan, koreng, luka terbuka, kebotakan, rambut kusam dan kering atau menggaruk badan secara terus menerus adalah pertanda kerontotokan abnormal.

3. Tips meminimalisir rambut rontok.

Meskipun normal, shedding tetap saja mengganggu. Penting untuk diketahui kita dapat meminimalisir shedding pada anjing dan kucing. Bagaimana caranya? Beberapa tips berikut dapat membantu meminimalisir shedding pada anjing dan kucing seperti lebih sering menyisir rambut mereka, namun yang lebih penting yaitu memperhatikan nutrisi pada makanan mereka. Protein, lemak, vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam kesehatan kulit dan rambut anjing. Rambut anjing dan kucing hampir seluruhnya tersusun oleh protein. Kulit mereka terdiri atas sel-sel datar yang rapat. Sel-sel ini memiliki selaput keras yang terbuat dari protein dan lemak. Kekurangan nutrisi akan menyebabkan sel melemah dan memungkinkan bakteri serta virus dapat lebih mudah menyerang.


Untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit mereka harus diberikan makanan dengan nutrisi yang baik, seperti pada artikel yang telah dibahas sebelumnya (Kebutuhan nutriisi anjing, kucing dan manusia “Tak Dapat Dipukul Rata”) namun jika menginginkan hasil yang terbaik, berikanlah makanan dengan nutrisi yang berfokus pada kesehatan rambut dan kulit mereka, seperti produk Royal Canin Hair and Skin Care untuk kucing. Produk makanan kucing ini mengandung protein berkualitas tinggi dengan asam amino spesifik yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat dan pembaruan kulit. Asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kondisi rambut diformulasikan khusus untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kucing dengan tetap menjaga kesehatan sistem perkencingan kucing karna mengandung mineral yang seimbang.





Produk Royal Canin Hair and Skin Care untuk kucing (kiri) dan Royal canin Dermaconfort untuk anjing (kiri).

(Sumber : Royalcanin.com)

Pada anjing produk makanan Royal Canin Dermacomfort sangat disaran untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut mereka. Dengan formulasi nutrisi asam lemak Omega 3 dan 6, termasuk GLA, EPA dan DHA untuk membantu menunjang dan menutrisi kulit mereka sehingga membantu mempertahankan rambut tetap utuh dan sehat. Namun jika anjing dan kucing yang telah diberikan nutrisi khusus untuk rambut dan kulit tetap bermasalah dan tidak membaik, waspadalah! itu berarti saatnya mengunjungi dokter hewan.


Referensi :

1. Why Does My Pets Shed?. American Animal Hospital Association.W. Bayaud Ave. https://www.aaha.org/your-pet/pet-owner-education/ask-aaha/pets-and-shedding/. Diakses pada 18 Oktober 2020 pukul 23.13 WITA.

2. Excessive Shedding in Dogs. WebMD Veterinary Reference from the ASPCA. https://pets.webmd.com/dogs/excessive-shedding ogs#:~:text=Dogs%20naturally%0lose 20old%0or,then%20shed%20in%20the%20 pring. Diakses pada 18 Oktober 2020 pukul 20.09 WITA.

3. Morrielo, Karen A. 2018. Hair Loss (Alopecia) in Dog. Msd Manual Veterinary Manual. Department of Medical Sciences, School of Veterinary Medicine, University of Wisconsin-Madison. 

4. Watson D. G . 1998. Diet and Skin Disease in Dogs and Cats. Journal Of Nutrition. Vol.128(12) pages 2783S–2789S.

5. Royal Canin. https://www.royalcanin.com/id/dogs/products/retail-roducts/medum-dermacomfort dry. Diakses pada 19 Okrober 2020 pukul 12.36 WITA.

6. Royal Canin. https://www.royalcanin.com/id/cats/products/retail-products/hair-and -skin-care-dry. Diakses pada 19 Oktober 2020 pukul 12.07 WITA.

Post a Comment

1 Comments

  1. Oooh gitu ya kak, terimakasih banyak atas ilmunya 😀😀😀,
    Semoga sukses terus

    ReplyDelete