Anjing Poodle, Si Cerdas yang Menggemaskan!


     by : Annisa Cantika Indra 

Sumber : unsplash.com

 “Psst.. ini anjing atau boneka yaa?”

Yap! Inilah dia si anjing Poodle yang super menggemaskan. Anjing lucu ini memiliki postur tubuh yang tegap, proporsional, tampak anggun dan memiliki aura yang menawan ketika dilihat. Hal ini didukung oleh fakta bahwa anjing Poodle memiliki dada yang lebar dan tulang rusuk yang tumbuh dengan baik [1,4].

Berdasarkan ukuran tinggi tubuhnya, anjing Poodle dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu :

·         Standard Poodle; yang memiliki tinggi lebih dari 15 inci pada titik tertinggi bahu dan merupakan jenis anjing Poodle dengan tubuh paling tinggi. Anjing ini juga dikenal dengan sebutan Caniche, Barbone, Chien Canne, Gross Poodle, dan French Poodle. Anjing standard poodle betina memiliki berat 20 hingga 27 kilogram, sedangkan anjing jantan dapat mencapai 30 kilogram [1,3].

·         Miniature Poodle; yang memiliki tinggi minimum 10 inci dan tinggi maksimum 15 inci atau di bawah titik tertinggi bahu. Anjing miniature poodle rata-rata memiliki berat 6 hingga 8 kilogram [1,3].

·         Toy Poodle; yang memiliki tinggi 10 inci atau di bawah dari titik tertinggi bahu. Berat tubuh anjing toy poodle juga cukup kecil, yaitu hanya berkisar 2 hingga 7 kilogram saja sehingga anjing ini diakui sebagai jenis anjing poodle terkecil [1,3].

 

Sumber : (Cornellius, 2020)

Meskipun saat ini menjadi salah satu ras anjing nasional Prancis, ternyata kampung halaman anjing ini ada di Jerman lho, Pet Mates! “Poodle” berasal dari kata Pudel” atau Pudelin” dalam Bahasa Jerman yang berarti melompat ke dalam air. Dan di Prancis, Poodle disebut Caniche” yang diambil dari “Chien Canard” yang berarti “anjing bebek” [3,4].

Keseluruh nama ini berkaitan dengan fungsi awal anjing Poodle sebagai anjing pemburu unggas air. Standard Poodle adalah anjing Poodle tertua yang dipercayai memiliki genetik beberapa anjing air di Eropa, seperti anjing Rough-Haired Water Dog of England. Beberapa anjing standard poodle kecil kemudian dikawinkan dan menghasilkan variasi jenis baru yang kita kenal sebagai miniature dan toy poodle saat ini. Ras anjing Poodle pertama kali didaftarkan oleh The Kennel Club of England (1874) dan oleh American Kennel Club (1886) [2,3,4].

Gambar 1. Perbandingan antara (A) Anjing Rough-Haired Water Dog of England dan (B) Anjing Standard Poodle

Sumber : retrieverman.net

Meskipun terdapat perbedaan ukuran tubuh, semua anjing Poodle mengikuti standar ras yang sama. Dilihat dari penampakannya, anjing Poodle memiliki mata yang sangat gelap, berbentuk oval, dan terpisah jauh. Anjing ini juga memiliki moncong yang panjang dan halus serta proporsi dagu yang jelas dan tegas. Telinga anjing Poodle cukup panjang dan terlihat seperti menggantung di kepalanya  [1,4].

Salah satu ciri khas anjing Poodle yang mudah dikenali adalah rambut keriting dengan tekstur kasar alaminya. Warna rambut dan corak anjing Poodle merata di seluruh bagian tubuhnya dengan beberapa variasi warna seperti abu-abu, coklat, putih, silver, aprikot, cream, dan cafe-au-laits  [1,3,4]. Rambut keriting anjing Poodle mudah kusut sehingga harus selalu dimandikan, disikat, dan dicukur minimal tiga hingga enam minggu sekali. Walaupun mudah kusut, rambut anjing Poodle berkualitas baik dan tidak mudah rontok sehingga jarang menimbulkan alergi bagi pemiliknya [1,3,4].

Tidak hanya itu, pemeriksaan telinga pada anjing Poodle juga harus sering dilakukan mengingat pertumbuhan rambut di bagian telinga dapat memicu timbulnya infeksi telinga. Selain perawatan rambut, Anjing Poodle juga harus dibiasakan menyikat giginya dua atau tiga kali seminggu untuk menghindari penumpukan karang gigi dan infeksi bakteri di dalam mulut [3,4].

Sumber : unsplash.com

Pernahkah Pet Mates melihat anjing Poodle yang seperti ini? Selain sebagai gaya “Parisinian”, potongan rambut pada kaki anjing Poodle atau yang disebut “klip” memiliki fungsi penting untuk melindungi kaki dan menjaga kehangatan tubuh Poodle saat beraktivitas, terutama berenang [3,4].

Sumber : unsplash.com

Bila Pet Mates ingin teman bermain yang menyenangkan, anjing Poodle adalah jawabannya! Anjing Poodle memiliki karakter yang sangat aktif, ceria, ramah, cerdas, dan  suka mempelajari trik baru sehingga memudahkan Pet Mates melatihnya [3,4]. Anjing Poodle dapat berinteraksi dengan anjing senior, anak-anak, hingga hewan peliharaan lainnya, terutama jika memori interaksi tersebut sudah dibentuk sejak masa puppy-nya. Oiyaa, anjing Poodle juga suka berenang lho, Pet Mates!

Anjing Poodle diperkirakan dapat mencapai usia 12 hingga 15 tahun. Walaupun usianya cukup panjang, anjing Poodle rentan terhadap sejumlah kondisi kesehatan dan banyak diantaranya bersifat genetik. Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dialami anjing Poodle seperti sebaseus adenitis (peradangan kelenjar sebaseus), penyakit Addison (hipoadrenokortisisme), penyakit Cushings (hiperadrenokortisisme), epilepsi, displasia pinggul, atrofi retina progresif, penyakit Von Willebrand (kegagalan darah menggumpal), hingga kembung pada anjing Poodle besar [3,4].

Sumber : royalcanin.com

Anjing Poodle tentunya juga membutuhkan nutrisi yang spesifik. Royal Canin Poodle Adult & Royal Canin Poodle Puppy telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ras anjing Poodle, mulai dari menjaga kesehatan kulit dan rambut keritingnya, membantu menjaga kekuatan ototnya, serta memiliki desain kibble ekslusif yang mampu mengurangi resiko pembentukan karang gigi.

Jadi, apakah Pet Mates tertarik untuk memelihara anjing lucu yang satu ini? Jika iya, segeralah mengadopsinya dari animal shelters atau breeder yang profesional. Anjing yang hebat memang dapat berasal dari mana saja, tetapi mengetahui asal-usulnya dan mengadopsinya dengan bertanggung jawab adalah kewajiban Pet Mates sebagai pemilik yang baik!

Referensi

[1]     American Kennel Club. (1990). Official Standard of the Poodle. https://www.akc.org/dog-breeds/poodle-standard/. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

[2]      Budiana, N.S. (2008). Anjing. Penebar Swadaya, Depok.

[3]    Cornelius, S. (2020). Poodle : The World’s Second Smartest Breed. https://www.caninejournal.com/poodle/. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

[4]     Guidry, V.P. (2000). Your Poodle’s Life : Your Complete Guide to Raising Your Pet from Puppy to Companion. Three River Press, United Kingdom.

[5]       Yusuf, S. dan Purba, F.Y. (2008). Semua Tentang Anjing. Medpress, Jakarta.

Post a Comment

0 Comments