BRITISH SHORTHAIR: Kucing Cheshire dalam kisah “Alice in Wonderland"

by: Ryanka Edila

HISTORY
British Shorthair merupakan ras kucing yang tidak asing bagi Cat Lovers. Kucing ini dikenal juga sebagai ras kucing tertua dari daerah asalnya, yaitu Inggris. Diduga asal mula kucing ini dibawa oleh orang Romawi ke kepulauan Inggris saat proses invasi berlangsung dan diperkirakan ras kucing pertama yang memakai kata negara dalam penyebutan namanya. Kemudian mengalami perkawinan silang dengan kucing setempat dan menjadi peliharaan di rumah-rumah saat itu. Kucing ini sangat sering terpampang di iklan TV dan Film Hollywood, bahkan British Shorthair dikenal sebagai inspirasi bagi Kucing Cheshire dalam kisah “Alice in Wonderland” karya Lewis Carroll. 


www.pinterest.com 

KARAKTERISTIK
Kucing yang berwajah bulat ini sangat menyukai keheningan dan kesunyian. British Shorthair juga tipe kucing yang mandiri, hal ini membuat mereka tidak suka digendong saat jalan-jalan dengan pemilik, cenderung menyukai jalan sendiri. Namun dibalik sifatnya yang penyendiri, British Shorthair sangat penyayang, setia dan toleran terhadap anak-anak dan anjing. Jadi sangat tepat untuk menjadi bagian dari keluarga baru cat lovers!

Kucing British Shorthair memiliki ukuran tubuh sedang sampai dengan cukup besar dengan berat badan sekitar 4–8 kg. Postur tubuhnya padat, kompak, kuat, berotot di dada, pendek, dengan pinggul dan bahu yang lebar. Kepalanya berbentuk bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Hidungnya yang pesek namun lebar dan lurus tanpa ada lekukaan dan dagu kucing bulu pendek britania ini berbentuk bulat. Tubuh dari kucing jantan lebih besar dibanding dengan kucing betina. Kucing jantan memiliki berat rata–rata mencapai 5–10 kg, sedangkan pada betina hanya dapat mencapai 5–7 kg saja. Telinganya lebar di bagian bawah dengan bagian ujung yang melengkung. Matanya berbentuk bulat dan besar. 


https://500px.com 


KESEHATAN
Kucing ras British Shorthair lebih rentan terhadap penyakit turunan kucing seperti hemofilia B dan Hypertrophic cardiomyopathy (HCM). Hemofilia B adalah penyakit turunan pada kucing yang menyebabkan darah tidak dapat membeku jika terluka, sedangkan HCM adalah pembengkakan jantung pada kucing. Selain itu, kucing jenis ini juga gampang dihantui oleh obesitas. Maka dari itu perlu memperhatikan nutrisi yang tepat dan sesuai dalam memelihara British Shorthair (Granstrom, 2011).

Berbicara tentang nutrisi, setiap ras kucing mempunyai keunikan masing-masing. Dari struktur wajah dan rahang hingga kulit tipe rambutnya. Maka dari itu perlu pemberian nutrisi yang tepat untuk menyesuaikan karakteristik masing-masing ras. Salah satu produk yang memberikan nutrisi tersebut adalah adalah produk makanan kucing British Shorthair dari Royal Canin. Menyesuaikan rahang British Shorthair, bentuk kibble moon-shaped yang dirancang khusus dengan ukuran dan tekstur yang disesuaikan untuk memudahkan anak kucing British Shorthair mengambil kibble-nya. Bentuk kibble unik ini mendorongnya mengunyah yang akan membantu menjaga kesehatan rongga mulutnya. Berfungsi lebih memelihara jantung dan saluran kemih, nutrisi pada produk ini dengan kandungan protein yang disesuaikan juga vitamin dan mineral tepat seimbang untuk mendukung perkembangan otot dan tulang British Shorthair bagi pertumbuhan yang sehat. 

www.royalcanin.com 

PRO TIPS
Sebelum mengadopsi British Shorthair, perlu ditanyakan detail kepada breeder tentang riwayat kesehatan hewan (penyakit yang pernah dialami, pemberian vaksin dan obat cacing), status steril, hingga sifat hewan keseharian kucing ini. Mengkomunikasikan segala hal sebelum mengadopsi adalah hal yang penting untuk menjamin kesejahteraan hewan peliharaan. Sebagai pencegahan dalam kelebihan berat badan, selain memilih nutrisi yang tepat, pastikan anda mendorong kucing ini tetap berolahraga dan membakar lemak. Gunakan mainan yang menarik sehingga membuat mereka aktif bergerak. 



www.royalcanin.com

Ukuran British Shorthair yang tergolong sedang hingga besar, pemilik harus memperhatikan ruangan yang cukup untuk bermain sehingga mereka tetap merasa bebas dan terhindari stres yang tidak diinginkan. Terakhir, tetap pastikan kondisi kesehatannya rutin ke dokter hewan untuk selalu memastikan kualitas hidup yang baik, karena sejatinya memelihara mereka tidak hanya sebatas usia anakan hingga dewasa saja. Keputusan mengadopsi harus disertai tanggung jawab akan kesejahteraan hingga akhir usia mereka.


Referensi: 
Granström, S., Nyberg Godiksen, M. T., Christiansen, M., Pipper, C. B., Willesen, J. T., & Koch, J. (2011). Prevalence of hypertrophic cardiomyopathy in a cohort of British Shorthair cats in Denmark. Journal of veterinary internal medicine, 25(4), 866-871.

Adagra, C., Spielman, D., Adagra, A., & Foster, D. J. (2015). Metaphyseal osteopathy in a British Shorthair cat. Journal of feline medicine and surgery, 17(4), 367-370.

https://www.royalcanin.com/id/cats/breeds/breed-library/british-shorthair

Post a Comment

0 Comments