Immunity Gap: Periode Kritis Bagi Anak Kucing Usia 1 Sampai 4 Bulan

by Sintya Meydina
Sumber: news.minneapolismn.gov
   
    Anak kucing berusia 1 sampai 4 bulan merupakan pertumbuhan tahap awal (first age). Pertumbuhan pada usia ini cukup kompleks ditandai dengan perubahan yang signifikan mulai dari ukuran tubuh hingga perilakunya. Namun, disamping itu, pertumbuhan yang cepat ini juga diiringi dengan penurunan kekebalan tubuh. Peran induk kucing dan perhatian yang ekstra sebagai pemilik (owner) sangat diperlukan. Yuk! Simak lebih lanjut mengenai tahap pertumbuhan, kekebalan tubuh dan pemilihan nutrisi yang tepat bagi anak kucing Anda.


Pertumbuhan Tahap Awal (Usia 1-4 bulan)
    
Sumber: themayhew.org
    Anak kucing berusia 0-20 hari merupakan fase sangat dibutuhkannya peran induk dalam memenuhi nutrisi dan kehangatan, anak kucing pada usia ini akan menyusu setidaknya 2 hingga 3 jam sekali dan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur [1]. Sistem kekebalan tubuhnya pun masih bergantung pada kekebalan tubuh pasif (maternal immunity) dari kolostrum induknya [2].

Sumber: commons.wikipedia.org
    
    Memasuki usia 3-6 minggu atau sekitar 1 bulan, pertumbuhan gigi susu mulai terlihat, anak kucing mulai memasuki masa sapih sehingga dapat dikenalkan dengan makanan bertekstur halus dan mudah dicerna. Anak kucing akan tetap menyusu pada induknya (atau melalui botol susu yang Anda berikan) beberapa kali dalam sehari. Pada usia ini juga, anak kucing akan terlihat mulai aktif bermain, menjelajahi berbagai tempat dan bersosialisasi (selengkapnya mengenai pentingnya sosialisasi anak kucing)[1]. Namun pada usia ini pula, immunity gap terjadi tepatnya pada usia 5 minggu [5]. Peningkatan kekebalan aktif terus berlanjut diiringi penurunan kekebalan pasif hingga usia 4 bulan [4].

Kesenjangan Kekebalan Tubuh (Immunity Gap)

Sumber: academy.royalcanin.com

    Kesenjangan kekebalan tubuh akan dialami oleh anak kucing pada tahap awal pertumbuhan, hal ini terjadi oleh adanya perubahan penyapihan dari induk, perubahan lingkungan dan perubahan makanan. Peralihan sistem kekebalan pasif
(maternal immunity) yang menurun dan kekebalan aktif (kitten immunity) dari tubuh anak kucing yang meningkat mengakibatkan adanya celah yang disebut immunity gap [4]. Celah kekebalan tubuh menjadi periode kritis bagi anak kucing, dimana daya tahan tubuh mereka akan sangat menurun sehingga rentan akan berbagai penyakit.

    Meminimalisir hal tersebut, maka dapat dilakukan tindakan pencegahan salah satunya dengan vaksinasi. Menurut rekomendasi WSAVA Vaccination Guidelines Group (VGG) untuk vaksinasi anak kucing dapat dimulai pada usia 6–8 minggu (selengkapnya mengenai program vaksinasi anak kucing[2].

Nutrisi Lengkap dan Seimbang untuk Anak Kucing 

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, periode kritis akibat kekebalan tubuh yang menurun membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Memenuhi hal tersebut, Royal Canin merancang makanan khusus untuk anak kucing dan induknya yang menyusui yakni Royal Canin Mother & Babycat, produk ini tersedia dalam dua varian bentuk, basah (mousse) dan kering (kibble).

Sumber: academy.royalcanin.com


   Adapun kelebihan dari produk ini didukung oleh literatur [6], diantaranya yaitu:
  1. mendukung kekebalan dengan nutrisi spesifik seperti vitamin C dan E, lutein, taurine, beta-karoten dan beta-glukan untuk memperkuat pertahanan alami anak kucing,
  2. mengandung DHA yang merupakan salah satu senyawa asam lemak omega-3 yang dibutuhkan dalam perkembangan otak, dan
  3. makanan mudah dicerna dengan protein dan prebiotik yaitu fructo-oligo-sakarida (FOS).

Jadi, sangat penting bagi Cat Owners membekali diri demi kelangsungan hidup anak kucing kesayangan. Jangan sampai mereka terserang penyakit, ya! Beri perhatian dan hidup yang layak, dapatkan pula cinta dan kebahagiaan dari mereka 😊.

Referensi:

  1. Alley Cat Allies. How Old Is That Kitten? Kitten Progression: At-a-Glance [diakses pada tanggal 19 Januari 2021 https://www.alleycat.org/resources/kitten-progression/]
  2. Day, M.J., Horzinek, M., Schultz, R.D. and Squires, R.A., 2010. Guidelines for the vaccination of dogs and cats. Journal of Small Animal Practice, 51(6), pp.1-3.
  3. Royal Canin Mother & Babycat Product [diakses pada tanggal 20 Januari 2021 https://www.royalcanin.com/au/cats/products/retail-products/mother-babycat-dry]
  4. Start of Life: Temukan Solusi Nutrisi untuk Anak Kucing [diakses pada tanggal 20 Januari 2021 https://academy.royalcanin.com/master.html#:cs99364]
  5. Stone, A.E., Brummet, G.O., Carozza, E.M., Kass, P.H., Petersen, E.P., Sykes, J. and Westman, M.E., 2020. 2020 AAHA/AAFP Feline Vaccination Guidelines. Journal of the American Animal Hospital Association, 56(5), pp.249-265.
  6. Sheridan, L., 2012. Kitten nutrition. Veterinary Nursing Journal, 27(6), pp.232-241.

Post a Comment

0 Comments