Pentingkah Pemeriksaan Darah pada Anjing dan Kucing?

by Sintya Meydina 

Sebagai pet owner, memelihara anjing atau kucing sudah seperti bagian dari anggota keluarga. Seringkali saat mereka sedang sakit membuat kita merasa sangat khawatir. Mereka tidak dapat memberitahu tentang apa yang mereka rasakan. Pemeriksaan secara umum, pemberian obat cacing serta diet yang sehat merupakan hal yang sangat penting untuk hewan kesayangan, namun hal tersebut tidak cukup untuk memastikan bahwa tidak ada masalah internal di dalam tubuh mereka. Biaya yang tidak sedikit seringkali menjadi pilihan terakhir oleh beberapa pet owner untuk pemeriksaan darah pada hewan kesayangannya. Sebenarnya, seberapa penting pemeriksaan darah itu? Simak lebih lanjut mengenai pemeriksaan darah, yuk! 


Apa sih, pemeriksaan darah itu? 

(sumber: pendervet.com)

Pemeriksaan darah merupakan suatu tindakan pengambilan darah pada hewan kesayangan menggunakan jarum suntik kemudian dimasukkan ke dalam wadah berupa tabung khusus lalu diuji menggunakan mesin khusus pula. Pengambilan darah hanya boleh dilakukan oleh dokter hewan dengan beberapa prosedur khusus yang aman bagi hewan [1].  

Mengapa hewan kesayangan saya perlu pemeriksaan darah? 

(sumber: infolabmed.com) 

Pada hewan kesayangan, pemeriksaan darah dapat dilakukan melalui beberapa uji dengan manfaat sangat penting diantaranya yakni uji kimia darah (Blood Chemistries) dan hitung darah lengkap (Complete Blood Count). Blood chemistries atau uji kimia darah merupakan pemanfaatan serum darah yang dikoleksi dalam tabung lalu diproses oleh mesin khusus untuk mengevaluasi fungsi organ, status elektrolit, hormon, enzim dan masih banyak lagi. Pemeriksaan ini sangat penting bagi hewan usia dewasa, hewan dengan muntah dan diare atau paparan racun, hewan yang menerima pengobatan jangka panjang, dan pengecekan kesehatan sebelum anestesi. Sedangkan, hitung darah lengkap atau CBC adalah tes darah yang paling umum dilakukan. CBC memberikan informasi tentang status hidrasi, anemia, infeksi, kemampuan pembekuan darah, dan kemampuan sistem kekebalan untuk merespon. Tes ini penting untuk hewan peliharaan yang mengalami demam, muntah, diare, lemas, gusi pucat, atau kehilangan nafsu makan. Jika hewan kesayangan Anda membutuhkan pembedahan (operasi), CBC dapat mendeteksi gangguan pendarahan atau kelainan tak terlihat lainnya [2]. 


Kapan dan berapa kali pemeriksaan darah yang harus hewan kesayangan saya lakukan? 

(sumber: grandviewvets.ca)

Usia anjing dan kucing yang lebih cepat menua dibanding manusia membutuhkan pemeriksaan darah minimal 1 tahun sekali seiring dengan perkembangan mereka. Pemeriksaan ini dianjurkan pada hewan yang sehat, hewan yang akan menjalani anestesi atau pembedahan dan hewan kesayangan yang sakit [1].  


Apa saja manfaat dari pemeriksaan darah? 

Manfaat pemeriksaan darah terlebih pada hewan yang terlihat sehat yakni deteksi dini penyakit sebelum hewan menunjukkan tanda-tanda klinis akan suatu penyakit. Hal ini sebagai bagian dari perawatan yang mendeteksi penyakit pada tahap awal sehingga pengobatan dapat lebih awal dan lebih efektif. Dengan hal ini, dapat mengurangi biaya perawatan yang dikeluarkan oleh pet owner, karena perawatan akan lebih murah jika penyakit ditemukan pada tahap awal [3].  

Selain deteksi dini penyakit, pada hewan kesayangan yang telah melakukan pemeriksaan darah dalam kondisi yang sehat dapat menjadi dasar yang dapat dibandingkan jika mereka sakit. Karena, pada umumnya hewan memiliki hasil darah ‘normal’ sesuai individu masing-masing [3]. 

 

Oleh karena itu, #JanganTungguSakit untuk melakukan pemeriksaan darah pada hewan kesayangan, sangat dianjurkan pada hewan yang terlihat sehat sekalipun. Selain menghemat biaya, juga dapat memberikan kebahagiaan bagi hewan kesayangan bahkan kita sendiri sebagai pet owner. Tidak perlu lagi adanya khawatir dan sedih melihat hewan kesayangan jatuh sakit.  

 

Referensi: 

  1. Greencross Vets. Making sense of blood test. [diakses pada tanggal 19 Februari 2021 https://www.greencrossvets.com.au/services/services-preventative-care-aspx/blood-tests/ ] 
  2. Greendale Veterinary Diagnostics. Laboratory Testing and Your Pet. [diakses pada tanggal 19 Februari 2021 http://www.greendale.co.uk/pdf/laboratory_testing.pdf ] 
  3. Red Barn Animal. 5 Reasons Bloodwork is Important Even if Your Pet Appears Healthy. [diakses pada tanggal 19 Februari 2021 https://redbarnpetvet.com/blog/98850-5-reasons-bloodwork-is-important-even-if-your-pet-appears-healthy ] 




Post a Comment

0 Comments