Jarang cedera saat jatuh, benarkah kucing bernyawa 9?

 

by: Nisrina Syahira Ainiya

Halo, pet mates! Suka heran gak, sih, kalau lihat kucing bisa lompat dari tempat tinggi dan mendarat sempurna? Kebayang, ya, kalau kita yang jatuh dari tempat tinggi, mungkin kita mendaratnya gak beraturan. Tapi kucing seringnya mendarat sempurna dan langsung bisa lari lagi. Kok bisa, ya? Apa kucing memang bernyawa 9? Yuk disimak penjelasannya!

Sumber: pixabay.com 

Kucing memiliki sebuah keunikan bernamakan cat righting reflex. Hal ini adalah sebuah kemampuan yang didapatkan oleh kucing sejak lahir agar dapat mendarat dengan sempurna saat terjatuh dari ketinggian. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggerakkan tubuhnya dengan cara menekukkan tubuhnya dan membuat sebuah sudut. Sudut ini terbentuk dari bagian depan dan bagian belakang kucing yang menekuk.

 

Sumber: messybeast.com 

Saat terjatuh, tubuh kucing akan menekuk lalu memutar bagian depan tubuhnya. Seperti menjadi poros, bagian belakang juga mengikuti arah dari perputaran itu setelah bagian depan tubuhnya berputar. Lalu kaki depannya akan mendarat terlebih dahulu di tanah dan diikuti dengan kaki belakang. Hal ini juga didukung oleh tulang punggung kucing yang lebih fleksibel daripada tulang punggung spesies lain seperti anjing. Penjelasan lebih lanjut dapat pet mates baca di sini. Kemampuan ini tak lepas dari sistem keseimbangan tubuh yang terletak pada vestibular di bagian telinga dalam.

Cat righting reflex dapat berfungsi dengan baik setelah kucing berumur 40 hari. Butuh proses untuk kucing dapat benar-benar mendarat dengan sempurna. Jadi, pet mates perlu berhati-hati pada anakan kucing yang ditempatkan di tempat yang tinggi untuk menghindari adanya trauma. Oh, iya! Cat righting reflex juga tidak sempurna dan tidak selalu berhasil. Selalu ada kemungkinan jika kucing tidak mendarat dengan baik dan dapat menimbulkan trauma seperti patah tulang atau lebam-lebam. Maka dari itu, pet mates harus memerhatikan aktivitas kucing saat sedang melompat. Perlu diingat bahwa kucing bernyawa sembilan itu hanya mitos, lho! Segera periksakan ke dokter hewan jika kucing pet mates mengalami gangguan mobilitas setelah terjatuh dari ketinggian.

 

Daftar pustaka

 

Martin, K. Martin, D. 2018. www.fearfreehappyhomes.com [diakses pada tanggal 20 Mei 2020].

Sechzera, Jeri A.; Folsteina, Susan E.; Geigera, Eric H.; Mervisa, Ronald F.; Meehana, Suzanne M. (December 1984). Development and maturation of postural reflexes in normal kittens". Experimental Neurology. 86 (3): 493–505. doi:10.1016/0014-4886(84)90084-0

Post a Comment

1 Comments