KUCING: MAKHLUK “CAIR” YANG MENGGEMASKAN

by: Jacyntha Orinetha


Gambar 1. Kucing sangat fleksibel (reddit.com)

Setujukah Pet Mates bahwa kucing merupakan hewan menggemaskan yang “cair”? Kucing dikatakan “cair” karena kelenturannya yang luar biasa. Lihat saja, kucing bisa melewati pagar yang sempit, bersembunyi pada kolong meja, dan lain-lainnya! Mungkin Pet Mates bisa menyebutkan lebih banyak mengenai kemampuan kucing yang satu ini.

Bahkan, Ig Nobel Prize, sebuah penghargaan yang diberikan oleh majalah Annals of Improbable Research terhadap penelitian saintifik yang mengandung humor (karena membuat orang tertawa lalu berpikir)[1,2] pernah memberikan penghargaan “Physics Prize” kepada Marc-Antoine Fardin pada tahun 2017 untuk penelitiannya yang berjudul “Can a Cat be Both a Solid and a Liquid?” menggunakan penghitungan dinamika fluida dan matematika dalam kajian perubahan bentuk (rheology)[2]. Video selengkapnya dapat Pet Mates lihat di sini:


Mencengangkan? Tentu saja!

Nah, apa yang sebenarnya menyebabkan kucing memiliki tubuh yang sangat fleksibel?

Struktur Tulang yang Unik




Gambar 2. Struktur tulang kucing (https://petadvice.petdrugsonline.co.uk/cat-anatomy/)

    Ternyata, tulang belakang kucing cukup unik nih Pet Mates. Kucing memiliki ikatan antartulang belakang yang cukup lentur. Selain itu, bantalan antartulang belakang kucing lebih tebal dan berongga daripada hewan-hewan lainnya, sehingga pergerakan tulang belakang kucing bisa lebih fleksibel ketika digerakan secara bersama-sama, misalnya ketika meliuk, belok, maupun memutar tubuhnya. Lebih kerennya lagi, kucing juga diketahui dapat menekan maupun mengerutkan tulang belakangnya, sehingga tubuhnya berukuran lebih kecil dan dapat memasuki daerah-daerah sempit.[3]

    Ada lagi Pet Mates! Beberapa jenis kucing ternyata diketahui tidak memiliki tulang selangka (os. Clavicula), dan kalaupun ada, ukurannya sangat kecil [3,4]. Tulang area bahu kucing pun diketahui hanya dihubungkan oleh otot[4]. Hal ini menyebabkan kaki depan dan belakang kucing dapat bergerak secara lebih fleksibel, dan bisa menyesuaikan ukuran tubuhnya dengan daerah di sekitarnya.[3]. 


Gambar 3. “If I Fits, I Sits” (animalplanet.com)

Kemampuan Melompat dan Berlari

    Nah Pet Mates, struktur tulang belakang kucing yang sangat fleksibel tadi ternyata juga memegang peranan penting dalam aktivitas melompat dan berlari dari kucing. Ketika melompat dan akan mendarat, kucing dapat mengatur penyimpanan dan penggunaan energi gerak pada daerah punggung dan anggota gerak, sehingga kucing dapat mendarat dengan stabil. Pengaturan energi ini sendiri tidak lepas dari pengaruh otot (m. longissimus), tendon (jaringan ikat penghubung tulang), serta tulang pada area punggung, kaki depan, dan kaki belakang.[5]

    Selain itu, kucing juga memiliki orientasi gravitasi yang baik, sehingga selalu bisa mendarat pada kakinya, atau dikenal dengan cat righting reflex (selengkapnya tentang kemampuan kucing yang satu ini disini: Jarang Cedera Saat Jatuh, Benarkah Kucing Bernyawa 9?). Nah, teknik yang digunakan kucing ini menyebabkan kucing dapat tetap stabil ketika melompat.

    Sedangkan ketika berlari, kucing dapat memanjangkan atau meluruskan tubuh (ekstensi) maupun melenturkan punggung (fleksi) secara bergantian sehingga meningkatkan kecepatan dalam berlari[4], sekaligus mengontrol penggunaan energi pada tubuh kucing sehingga kestabilan tubuh kucing tetap terjaga[5].



Gambar 4. Kucing melompat (kimbalstock.com)

    Selain menggemaskan, kucing ternyata memiliki tubuh yang sangat fleksibel ya Pet Mates! Untuk menjaga kesehatan tubuh kucing, jangan lupa untuk tetap memberikan nutrisi yang seimbang sesuai dengan umur dan aktivitas kucing, serta rutin memeriksakan kucing ke dokter hewan ya!




Referensi

[1] Anonymous. 2018. Physicist Wins Ig Novel Prize for Study on Whether Cats Should be Classified as Liquids or Solids. URL: https://www.sunnyskyz.com/blog/2649/Physicist-Wins-Ig-Noble-Prize-For-Study-On-Whether-Cats-Should-Be-Classified-As-Liquids-Or-Solids#:~:text=Marc%2DAntoine%20Fardin%20was%20awarded,on%20the%20rheology%20of%20cats.&text=%22If%20we%20take%20cats%20as,the%20time%20to%20become%20liquid.%22, accessed: 13th May 2021

[2] Impropable Research. About the Ig Novel Prizes. URL: https://www.improbable.com/ig-about/, accessed 13th May 2021.

[3] Eldredge, D.M., Carlson, D.G., Carlson, L.D., Giffin, J.M. 2008. Cat Owner’s Home Veterinary Handbook, 3rd Ed. New Jersey: Wiley Publishing, Inc.

[4] Richards, J.R. Why Are Cats so Flexible? URL: https://www.ccmr.cornell.edu/faqs/why-are-cats-so-flexible/#:~:text=Why%20are%20cats%20so%20flexible%3F,-Cats%20make%20their&text=Cats%20are%20able%20to%20rotate,elastic%20cushioning%20disks%20between%20them, accessed 13th May 2021.

[5] Zhang, Z., Yang, J., Yu, H. 2014. Effect of Flexible Back on Energy Absorption during Landing in Cats: A Biomechanical Investigation. Journal of Bionic Engineering, 11: 506-516.

Post a Comment

0 Comments