Mengenal Nutrisi Untuk Kucing Obesitas

By : Fauziah Azzahara D 

        Bagi sebagian Pet mates kucing gemuk mungkin terlihat lucu dan menggemaskan namun, tahukah kamu jika kucing gemuk memiliki banyak risiko gangguan kesehatan seperti diabetes, gagal jantung, gangguan hati, gangguan kulit hingga kesulitan melahirkan.

(PsBattle) 

    Obesitas atau kegemukan terjadi ketika kalori yang dikomsumsi lebih banyak dari pada yang digunakan sehingga sisa kalori yang ada akan disimpan menjadi lemak dan lama kelamaan akan menyebabkan obesitas. 

Bagaimana cara nya mengetahui jika kucing saya obesitas atau tidak ? 
        Untuk mengetahui lebih lanjut  apakah kucing kamu obesitas atau tidak kamu dapat membaca artikel berikut: Bagaimana Jika Kucing Saya Kegemukan?

Lalu jika kucing saya obesitas mengapa ? Mereka terlihat  lucu dan menggemaskan ? 
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya obesitas meningkatkan risiko beberapa penyakit yang  tidak bisa diabaikan. Jika kucing kamu memiliki kondisi obesitas maka sangat disarankan untuk mengkomsumsi makanan khusus untuk obesitas yang biasanya tersedia di dokter hewan dan nutrisinya sudah diformulasikan khusus untuk menurunkan berat badan kucingmu.
(Boredpanda.com) 

Jadi formula nutrisi seperti apa yang dibutuhkan oleh kucing saya yang obesitas ?

1.  Makanan Rendah Kalori  
  Obesitas terjadi akibat jumlah kalori yang masuk tidak seimbang dengan jumlah kalori yang digunakan. Oleh karena itu, kucing gemuk memerlukan makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi untuk mencukupi kebutuhan mereka. 

2.  Rendah Lemak  
    Lemak merupakan komponen nutrisi yang tinggi kalori dan mudah diserap sehingga makanan dengan kadar lemak tinggi dapat memperburuk  kondisi obesitas. 

3. Tinggi Protein  
    Program diet yang dijalankan kucing mengharuskan kamu memberikan makanan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Oleh karena itu, kucingmu memerlukan makanan dengan kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhannya. 

Protein yang tinggi membantu menurunkan berat badan serta  memberikan efek mengenyangkan. 


(Catster.com) 

4.   Tinggi Serat
    Makanan yang kaya serat dapat membantu memberikan rasa kenyang tanpa adanya penambahan kalori pada makanan itu sendiri. 

5.    Mineral dan Vitamin
 Porsi makanan untuk kucing obesitas tidak sama dengan porsi kucing dalam masa pemeliharaan, sehingga kucing obesitas diharuskan mengonsumsi vitamin dan mineral yang lebih tinggi agar kebutuhan mereka terpenuhi. 

6.  L-karnitin
    L-karnitin merupakan asam amino yang dapat memfasilitasi transportasi asam lemak, L-karnitin ini diperlukan dalam otot karena dapat menghasilkan energi dari asam lemak sehingga penambahan L-karnitin dalam makanan kucing obesitas dapat meningkatkan penurunan berat badan.  
(FatCatArt.com) 

Nutrisi untuk kucing obesitas memerlukan perhatian khusus dari Pet mates. Sebab, pemberian makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing obesitas  merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam menurunkan berat badan mereka. 


Setelah membaca artikel ini Pet mates dapat memeriksa apakah makanan yang diberikan selama ini sudah mengandung nutrisi yang mereka butuhkan dan jangan lupa konsultasi ke dokter hewan terdekat. 


Referensi :

[1] Pibot, P., Biourge, V. and Elliott, D.(2010). Encyclopedia Of Canine Clinical Nutrition. Airmargues : Royal Canine.


[2] Cline, M. G. and Murphy, M. eds. (2019). Obesity in the Dog and Cat. Florida : CRC Press 









Post a Comment

0 Comments