Puppy dan Kitten Anda Gemuk? Yuk Atasi dengan Weight Management yang Baik!

 By : Angie Felicia 

Pernahkah pet mates mendengar mengenai weight management pada hewan? Weight management atau yang lebih dikenal dengan istilah manajemen berat badan adalah proses untuk mempertahankan atau meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, apakah pet mates sudah menerapkan weight management yang baik pada anabul? Yuk baca artikel berikut untuk mengetahui weight management lebih jauh melalui artikel berikut!

Tahukah pet mates bahwa obesitas termasuk penyakit yang paling umum ditemukan pada anjing? Namun, obesitas pada kucing juga masih sering ditemukan loh! Obesitas akan menyebabkan penurunan kualitas hidup dan memperpendek usia hidup. Obesitas dapat menyebabkan beberapa gangguan pada hewan, seperti gangguan pada kulit dan sistem pernapasan, penurunan fungsi ginjal, dan diabetes [2].

Sumber : thesprucepets.com


Untuk mencegah hal tersebut, bisa diterapkan beberapa perlakuan yang dapat diterapkan pada anabul. Pencegahan obesitas pada anabul dapat diawali dengan langkah yang sederhana loh!


Pet mates dapat mengajak jalan anabul, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan gerak dari anabul. Namun, aktivitas yang dilakukan juga harus dilakukan bersamaan dengan pemberian kalori yang cukup, serta memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas pada hewan [1].

Sumber : thesprucepets.com

Lalu, bagaimana pada puppy dan kitten yang masih dalam tahap pertumbuhan? Apakah pencegahan obesitas pada usia tersebut juga harus dilakukan? Pada puppy dan kitten sendiri, pakan yang diberikan harus dapat memenuhi pertumbuhannya, sehingga kebutuhannya dapat terpenuhi [2].

Sumber: petbacker.com

Apakah yang harus dilakukan pet mates bila pada tahap pertumbuhan, puppy dan kitten, body condition score hewan melewati ideal? Bila hal tersebut terjadi, maka pakan dapat diganti dengan yang kalorinya lebih rendah, tetapi khusus untuk pakan puppy dan kitten [2]. Body Condition Score (BCS) yang ideal pada anjing memiliki ciri [3]:

  • Rusuk dapat diraba dengan mudah dan tertutupi oleh sedikit lemak
  • Pinggang dapat terlihat dari sisi atas
  • Lekukan perut dapat terlihat

Body Condition Score (BCS) ideal pada kucing tidak jauh berbeda pada anjing, yaitu [3]:

  • Rusuk dapat diraba dengan mudah dan tertutupi oleh sedikit lemak
  • Pinggang dapat terlihat di belakang rusuk kucing
  • Perut tertutupi oleh sedikit lemak

Grafik perkembangan puppy jantan dengan berat kurang dari 6.5 kg (https://www.centrestreetanimalhospital.com/wp-content/uploads/2020/11/Male-Puppy-Growth-Chart.pdf)

Pet mates
juga dapat melihat grafik perkembangan atau growth chart anabul lebih jauh.
Baca Juga : Male Puppy Growth Chart

Yuk
pet mates mulai melakukan pemeriksaan Body Condition Score (BCS) anabul! Bila sudah melebihi ideal, maka pet mates bisa memulai untuk melakukan weight management yang lebih baik lagi! Dengan demikian, anabul dapat terhindar dari obesitas dan kualitas hidupnya dapat meningkat! Yuk konsultasikan lebih lanjut ke dokter hewan terdekat! #AyoKeDokterHewan

Referensi :

[1] Christmann, U., Becvarova, I., Were, S., dan Meyer, H.P. 2018. Effectiveness of a New Weight Management Food to Achieve Weight Loss and Maintenance in Client-owned Obese Dogs.
Intern J Appl Res Vet Med 13(2).

[2] Brooks, D., Churchill, J., Fein, K., Linder, D., Michel, K.E., Tudor, K., Ward, E., dan Witzel. A. 2014. AAHA Weight Management Guidelines for Dogs and Cats.
JAAHA 50:1.

[3] WSAVA Global Nutrition Committee. 2020.
Body Condition Score. WSAVA.







Post a Comment

1 Comments