Tips Menjaga Berat Badan Kucing Tetap Ideal

Oleh Aldin Akbar Rahmatullah

Kucing gendut memang sangat menggemaskan!

Sumber : dokterhewan.co.id
Tanpa disadari sebenarnya banyak sekali dari kita sebagai Pet Owner yang menyukai bila kucing kita bertubuh besar, bulat, dan gendut. Hal ini karena mereka akan tampak lebih imut, lucu, menggemaskan, dan sangat nyaman saat dipeluk. Selain itu biasanya kita sebagai Pet Owner akan lebih merasakan kasih sayang satu sama lain ketika mereka mengeong untuk meminta makan atau mendengkur saat kita beri makan.

Pet Owner tahu gak sih, meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, sebenarnya kelebihan berat badan itu berbahaya lho bagi kesehatan kucing kita. Studi menunjukkan bahwa kucing yang memiliki berat badan yang ideal memiliki rentang waktu hidup yang lebih lama dibanding yang memiliki berat badan berlebih5. Hal ini karena kucing yang memiliki berat badan berlebih rentan menderita masalah kesehatan seperti peradangan sendi, gangguan jantung, diabetes melitus, dan penyakit lainnya.

Harusnya berapa sih berat badan ideal pada kucing?

Sama seperti manusia, berat badan ideal pada kucing berbeda – beda tiap individunya, karena terdapat beberapa faktor seperti ras, usia, jenis kelamin, dan kesehatan yang secara umum harus dipertimbangkan. Selain mengukur berat badan secara objektif dengan timbangan, perlu juga menilai kondisi tubuh kucing secara subjektif dengan mengukur Body Condition Score (BCS).

Bila berat badan kucing kita ideal maka kualitas hidupnya akan lebih baik, karena mereka dapat lebih aktif bergerak dan bermain. Hal ini mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mentalnya, sehingga kucing kita memiliki rentang hidup yang lebih panjang. Sebagai Pet Owner, sangat penting untuk tahu bagaimana cara menjaga berat badan kucing kita tetap ideal.

Lalu bagaimana caranya?

Pet Owner tidak perlu khawatir, untuk menjaga berat badan kucing kita tetap ideal, ada 3 tips yang dapat kita lakukan. Check it out!

1. Ajak kucing kita untuk berolahraga
Sumber : Kompas.com
Pet Owner sebagai pemilik harus memastikan bahwa kucing kita punya waktu bermain yang teratur, terutama bila kucing kita tipe kucing rumahan, tips ini sangat bagus untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal. Kucing rumahan membutuhkan lebih sedikit kalori dibanding kucing yang dibebaskan di luar rumah2, karena pengeluaran energi kucing rumahan lebih rendah, sehingga bermain dengan mereka merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan gerak dan mengurangi kemungkinan bertambahnya berat badan.

Bermain dua kali sehari selama dua menit secara bertahap dapat membuat kucing kita lebih aktif dan merupakan awal yang baik3. Pet Owner bisa juga memberi mereka benda yang dapat dimainkan sendiri seperti puzzle feeder yang membuat mereka lebih aktif untuk bergerak.

Puzzle feeder (Sumber : Amazon.com)

Pet Owner juga harus tahu bahwa kebosanan bisa menjadi salah satu penyebab kucing kita makan meskipun mereka tidak lapar4, nah dengan memberi mereka benda yang dapat dimainkan bisa membantu mereka lebih fokus untuk bergerak dan enjoy untuk bergerak dalam waktu yang lebih lama.

2. Memberikan makan dengan cara yang benar
Sumber : Kompas.com
Pet Owner harus tahu bahwa dengan mengatur waktu makan yang baik mampu mempertahankan berat badan kucing kita5 dan menghindari mereka dari meminta – minta makanan atau mengeong untuk mendapat makanan tambahan.

Pet Owner harus memastikan untuk memberi makan sesuai dengan feeding direction yang tertera pada kemasan. Meskipun terlihat sedikit, nutrisi yang didapatkan dari jumlah makanan tersebut sudah lengkap dan seimbang, karena komposisi pakan sudah dibuat dan dihitung dengan cermat untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi nutrisi kucing .
Feeding direction (Sumber : Royalcanin.com)
Selain itu, penting juga nih untuk membatasi jumlah camilan yang diberikan. Kenapa ya? karena camilan akan menambah asupan kalori harian secara signifikan yang malah akan menambah berat badan kucing kita. Sebaiknya apabila pet owner ingin memberi camilan, pastikan untuk memberinya sesuai petunjuk konsumsi harian ya.

3. Makanan tepat di waktu yang tepat
Sumber : catcare4life.org
Tahu gak sih, ternyata kucing yang berbeda usia dan gaya hidup memerlukan nutrisi yang berbeda untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal, hal ini berarti pet owner harus selalu mengawasi tiap tumbuh kembang mereka dan menyesuaikan makanan mereka sesuai kebutuhannya.

Misalnya anak kucing, dari usia empat minggu hingga empat bulan pertama kehidupan, mereka memerlukan banyak energi untuk membantu pertumbuhannya yang sangat cepat2. Tapi Pet Owner tahu gak, ternyata sistem pencernaan mereka pada periode perkembangan tersebut masih lemah.

Oleh karena itu, mereka memerlukan makanan yang padat energi dan sangat mudah dicerna sehingga tidak membuat permasalahan pada kesehatannya. Selain itu Pet Owner harus rutin untuk memeriksa berat badan mereka dan menyesuaikan porsi makannya untuk menambah berat badan secara konsisten sesuai saran dari dokter hewan.

Steril pada kucing secara signifikan dapat mempengaruhi berat badannya, kebutuhan energi mereka berkurang 30% tetapi nafsu makannya meningkat sebanyak 26% beberapa hari pasca operasi5.

Oleh karena itu, kucing yang di steril berisiko lebih tinggi untuk bertambah gendut terutama beberapa hari setelah operasi. Makanan spesial untuk kucing steril dapat membantu untuk mencegah peningkatan berat badan dengan tingkat energi yang menurun, jumlah nutrisi yang berubah, serta formulasi khusus yang dapat mendukung kesehatan kucing kita.
Sumber : liputan6.com
Selama kehamilan, kebutuhan energi kucing akan meningkat secara drastis, terutama pada akhir kehamilan, mereka akan mengonsumsi 70% lebih banyak dari normal. Tapi Pet Owner juga harus tahu, setelah melahirkan, kucing kita akan kehilangan berat badannya secara drastis.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan pada fase ini untuk memberikan makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing hamil dan laktasi, karena mengandung tinggi nutrisi yang akan mendukung produksi susu untuk anak kucing serta mencegah hilangnya berat badan berlebih pada induk yang menyusui.

Agar Pet Owner lebih yakin kucingnya yang sedang hamil telah terpenuhi nutrisi yang tepat, sangat bagus bila pet owner konsultasikan hal ini ke dokter hewan untuk mendapat rekomendasi produk dan jadwal pemberian pakan yang tepat.

Sekali lagi, untuk memastikan bahwa Pet Owner sudah memberikan kebutuhan nutrisi kucing agar mereka memiliki berat badan yang ideal, Pet Owner bisa langsung konsultasi ke dokter hewan untuk mendapatkan masukan terkait hal – hal apa saja yang sebaiknya kita berikan kepada kucing kita.

Itulah beberapa tips yang dapat pet owner lakukan untuk menjaga berat badan kucing kita tetap ideal, selain itu jangan lupa untuk cek berat badan kucing kita secara rutin ya dan juga jangan lupa untuk pergi ke dokter hewan agar kesehatan hewan kesayangan kita terus terjaga

DAFTAR PUSTAKA :
[1] Royal Canin , Emi Kate Saito, Co-morbidity of overweight and obesity in dogs and cats https://vetfocus.royalcanin.com/en/scientific/co-morbidity-of-overweight-and-obesity-in-dogs-and-cats diakses 29 November 2021
[2]Aspengrovevet , Ernest Ward DVM, NUTRITION RECOMMENDATIONS FOR CATS https://aspengrovevet.com/nutrition-recommendations-cats/ di akses 29 November 2021
[3] Yaguian-Colliard, L., Diez, M., German, A., & Lloret, A. (2008). Vet Focus : Tackling obesity in Cats. Royal Canin
[4] Rowe, E., Browne, W., Casey, R., Gruffydd-jones, T., & Murray, J. (2015). Risk factors identified for owner-reported feline obesity at around one year of age : Dry diet and indoor lifestyle. Preventive Veterinary Medicine, 121(3-4), 273–281.
[5] Royal Canin, Keeping your cat at a healthy weight https://www.royalcanin.com/us/cats/health-and-wellbeing/keeping-your-cat-at-a-healthy-weight di akses 21 November 2021

Post a Comment

3 Comments

  1. Alhamdulillah, Doa Baikku selalu terselip untukmu

    ReplyDelete
  2. Keren 🔥🔥🔥

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat. Sukses selalu

    ReplyDelete