Kenapa Kucing Makan Rumput ?

by Fauziah Azzahara D 

Saat kamu bermain bersama kucing kesayanganmu di halaman tidak jarang kamu mendapati kucingmu sedang mengunyah dan memakan rerumputan yang ada . Apakah ini normal ?! Ya tentu saja perilaku ini merupakan perilaku normal bagi kucing . 


Thesprucepets.com 

Pada dasarnya kucing tidak sepenuhnya  memakan rumput tersebut sebab di dalam saluran pencernaan kucing tidak memiliki enzim untuk mencerna rumput dan biasanya setelah memakan rumput kucing akan memuntahkannya kembali . 


Lalu untuk apa kucing memakan rumput ?  


1. Melancarkan pencernaan 

Memakan rumput membantu melancarkan pencernaan kucingmu . Terkadang kucing  tidak sengaja memakan hewan kecil seperti tikus , burung,  tulang dan  bulu di mana hal ini dapat menyumbat saluran pencernaan kucingmu dan menimbulkan masalah baru seperti sembelit atau susah buang air besar . Sehingga  mereka memakan rumput untuk membantu mengeluarkan benda-benda yang menyumbat saluran pencernaan mereka . 


2. Kebiasaan turun-temurun 

Memakan rumput ternyata adalah kebiasaan dan insting yang diturunkan dari leluhur kucing kebiasaan ini juga tidak ada hubungannya dengan gangguan perut atau saluran pencernaan kucing . 


3. Menghilangkan kecemasan atau stres 

Mengunyah rumput terkadang menjadi cara  kucing untuk menghilangkan kecemasan dan stres karna dapat menenangkan saraf mereka . Mirip seperti permen karet untuk kucingmu . 

                   

The Great Cat 


Hal-Hal yang harus kamu perhatikan ! 


1. Waspadalah terhadap pestisida 

Jika kucingmu sering berada di luar rumah kamu harus waspada  terhadap pestisida pada rumput. Sebab kemungkinan kucingmu akan mencoba mengunyah dan memakan rumput yang ada di luar rumah dan bila rumput itu mengandung pestisida hal ini dapat menimbulkan keracunan bagi kucingmu . 


2. Sediakan rumput kucing di rumah. 

Menyediakan atau menanam rumput untuk kucing di rumah lebih baik dari pada membiarkan mereka memakan rumput dilingkungan luar sebab akan sangat sulit menghindari bahaya pestisida dan lainnya. Bibit rumput kucing dapat kamu dapatkan di toko hewan peliharaan terdekat .  


3. Jauhkan kucing kamu dari tanaman beracun. 

Tidak semua rumput atau tanaman aman bagi kucingmu. Meskipun kucingmu menghabiskan banyak waktu di luar atau di dalam ruangan, penting untuk mengetahui daftar tanaman beracun yang umum di antaranya  dapat dilihat pada gambar di bawah ini : 

www.pdsa.org.uk 

Tumbuhan yang beracun bagi kucing 

4. Perilaku mengunyah rumput berlebihan 

Jika kucingmu tampak terlalu berlebihan dalam mengunyah dan memakan rumput atau mereka tampak seperti ingin makan rumput setiap hari hal ini patut kamu waspada. Karna hal tersebut  mungkin dapat berakibat fatal bagi kucingmu oleh karena itu kamu dapat membawa kucingmu ke dokter hewan untuk berkonsultasi .  

Sab 


 REFERENSI 

[1] Suwed, M. A. dan Napitupulu, R. M. (2011). Panduan Lengkap Kucing . Jakarta , Penerbar Swadaya.  


[2] Hart, B. L., Hart, L. A., Thigpen, A. P., & Willits, N. H. (2021). Characteristics of Plant Eating in Domestic Cats. Animals, 11(7) :  1853. 


[3] Hart, B. L. (2008). Why do dogs and cats eat grass?. Veterinary medicine, 103(12) : 648. 


[4] https://www.smithsonianmag.com/smart-news/researchers-figure-out-why-cats-eat-grass-180972885/ 


[5] https://tractive.com/blog/en/good-to-know/cat-eating-grass-reasons  


[6] https://www.pdsa.org.uk/pet-help-and-advice/looking-after-your-pet/all-pets/poisonous-plants   

Post a Comment

0 Comments