Kawat Gigi untuk Anjing? Apakah Boleh?

 Fauziah Azzahara D

Selama ini kita mengenal kawat gigi digunakan untuk merawat masalah kesehatan gigi pada manusia, begitu juga pada hewan khususnya anjing kawat gigi juga digunakan untuk tujuan memperbaiki masalah kesehatan gigi. 

Sejak tahun 1880-an kawat gigi serta peralatan ortodontik lainnya sudah digunakan dokter hewan untuk memperbaiki masalah gigi pada anjing, hingga saat sekarang dengan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan hewan, kawat gigi masih menjadi salah satu treatment dalam menangani masalah gigi yang menyakitkan dan dapat membahayakan jiwa (Hawkins, 2016). 



Petguide.com

Gigi merupakan organ yang penting bagi anjing, gigi membantu proses pengoyakan dan mengunyah makanan. Sebagai pemilik hewan terkadang kita temukan kondisi gigi anjing yang tidak biasa hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Contohnya seperti gigi yang tidak sejajar dapat menyebabkan masalah kesehatan yang besar bagi anjing karena dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk makan. Selain itu, kasus gigi tumbuh ke arah yang berlawanan dapat menusuk kulit pada rongga mulut yang secara perlahan  menyebabkan infeksi dan menimbulkan masalah baru (Travis, 2016). 

Mengenal Gigi Anjing !

Anjing dewasa memiliki 42 gigi, tidak seperti manusia yang hanya memiliki 32 gigi. Gigi anjing terdiri dari 12 gigi seri yang tajam untuk mengunyah serta anjing memiliki 4 gigi taring, 16 gigi premolar dan 10 gigi molar (Travis, 2016). 


Iheartchihuahua.com

Apakah anjing boleh memakai kawat gigi ?

Jawabanya adalah “Boleh” tetapi perlu digaris bawahi penggunaan kawat gigi pada anjing tidak untuk alasan estetika. Dengan kata lain anjing yang mendapat treatment kawat gigi hanya untuk perawatan atau mengobati masalah kesehatan mereka.

Lalu kondisi anjing seperti apa yang boleh menggunakan kawat gigi ?

1.Linguoversi

Merupakan kondisi saat gigi tumbuh keluar dari garis idealnya (Purwanto, 2021). Kondisi ini tidak nyaman karena tidak memungkinkan mulut anjing menutup dengan baik. Jika tidak ditangani sejak dini dapat mengakibatkan keadaan yang tidak diinginkan seperti lubang di langit-langit mulut. Anjing dengan hidung panjang dan sempit seperti ras collie cenderung menderita kondisi ini (Wooten,2017).


2.Mesioversi 

Mesioversi merupakan kondisi mahkota gigi mengarah lurus ke depan seperti tombak. Ras anjing seperti shetland, schnauzers, fox terrier dapat mengalami kondisi ini, jika tidak segera ditangani kondisi ini dapat menyebabkan penyakit periodontal  (Legender dan Stepaniuk, 2008).


Legender dan Stepaniuk, 2008


3.Overbites

Ini terjadi ketika rahang bawah lebih pendek dari rahang atas (Travis,2016).


Iheartchihuahua.com


4.Gigi Bayi yang Tersisa 

Ketika gigi susu anjing tidak tanggal dengan sempurna dapat menyebabkan gigi berjejal, masalah gigitan, dan penyakit periodontal (Wooten, 2021).


5.Perawatan Pasca Bedah

Dalam kondisi pasca operasi seperti operasi pengangkatan sebagian rahang untuk pengobatan kanker diperlukan kawat gigi untuk mencegah gigi bergeser keluar posisinya (Wooten, 2021).


Apakah Sulit Merawat Anjing dengan Kawat Gigi ?

Perawatan anjing dengan kawat gigi tidaklah sulit sebagai pemilik hewan kamu harus menyikat sekitar kawat gigi dan menyiram dengan antiseptik oral. Dalam beberapa kasus khusus mungkin anjingmu harus beralih ke makanan lunak dan dilarang mengunyah mainan dan tulang (Travis, 2016).


Dogtime.com

Perawatan gigi anjing menggunakan kawat gigi mungkin memakan waktu dan biaya, namun tentu sebanding dengan hasil yang diberikan. Lakukanlah konsultasi berkala ke dokter hewan terdekat mengenai masalah kesehatan gigi anjingmu


[REFERENSI]

Hawkins, C . (2016). Dog Braces -Can a Dog Get Braces for His Teeth . Iheartchihuahua.com. . https://iheartchihuahua.com/dog-braces-can-dog-get-. braces-teeth/

Legendre, L., & Stepaniuk, K. (2008). Correction of maxillary canine tooth mesioversion in . dogs. Journal of Veterinary Dentistry, 25(3), 216-221.

Purwanto. (2021). Terminologi Biomedis. Penerbit NEM, Jawa tengah

Travis. (2016). Dog Braces: Everything You Need to Know. Petmd.com. https://www-petmd-. com.translate.goog/dog/care/dog-braces-everything-you-need- know?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp

Wooten. (2021). Can Dogs Get Braces? & Are They Safe?. hillspets.  https://www-hillspet-. com.translate.goog/dog-care/healthcare/can-dogs-get- braces?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp








Post a Comment

0 Comments