Manfaat Aloe vera untuk Kulit Hewan Peliharaan

 By: Angie Felicia

    Halo Pet mates! Sebagai seorang pemilik hewan, pasti kita menginginkan dan mengusahakan yang terbaik untuk hewan peliharaan. Dari pemberian vitamin, obat cacing, serta perawatan kulit dan rambut hewan. Kelebihan Aloe vera sebagai tanaman obat tidak perlu diragukan. Penggunaan Aloe vera dalam kehidupan dan kebutuhan manusia sendiri sudah sangat umum ditemukan. Namun, apa kelebihan Aloe vera bila diaplikasikan pada kulit hewan? Yuk simak artikel berikut!

my-best.id

    Dalam kehidupan manusia, Aloe vera dapat digunakan sebagai pengobatan luka bakar, luka sengatan serangga, serta pengobatan inflamasi kulit. Tumbuhan ini terbukti efektif untuk pengobatan luka melalui berbagai mekanisme. Mekanisme-mekanisme ini nantinya dapat mempercepat penyembuhan luka, seperti mempertahankan kelembaban luka, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi inflamasi. Dengan terjadinya proses peningkatan produksi kolagen ini, maka dapat mempercepat terjadinya penutupan luka [1].

Sebagai tumbuhan, Aloe vera memiliki berbagai komponen yang bermanfaat. Kandungan tersebut antara lain [1]:

1. Vitamin B12

2. Vitamin A

3. Vitamin B

4. Vitamin C

5. Vitamin E

6. Asam folat 

7. Asam amino

Banyak sekali bukan kandungan vitamin yang pastinya bermanfaat bagi manusia dan hewan? Yuk ketahui manfaatnya bagi hewan peliharaan!

Lanzaloe.com

Manfaat bagi Hewan

1. Pengobatan Pyoderma pada Anjing

Canine superficial pyoderma adalah adanya kontaminasi bakteri pada area kulit dan folikel rambut dari hewan yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus sp. Selain bakteri, gangguan ini dapat disebabkan juga karna infeksi, inflamasi, atau akibat neoplasia (tumor) [2]. 

Hasilnya akan berakibat dengan adanya eksudat atau akumulasi nanah pada area kulit. Pemberian Aloe vera pada anjing dengan gangguan tersebut dapat memberikan efek antibacterial, antiinflamasi, serta memberi aksi antioksidatif terhadap bakteri [2].

2. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Aloe vera mengandung komponen aktif yang berperan sebagai antiinflamasi dan promotor penyembuhan luka. Dengan perannya sebagai antiinflamasi, maka dapat menginduksi keratinosit. Keratinosit ini berperan penting dalam proliferasi dan penutupan luka atau disebut dengan fase maturasi [3].

3. Pengobatan Erythema

Pemberian Aloe vera dapat memberikan dan meningkatkan kelembaban kulit dengan meningkatkan tingkat air pada salah satu lapisan kulit, yaitu stratum corneum [4]. 

istockphoto.com

Selain manfaat pengobatan diatas, penggunaan Aloe vera juga memiliki efek sebagai berikut pada hewan:

1. Antiinflamasi

2. Anti-acne 

3. Antibakteri 

4. Memberi kelembaban kulit

Pengaplikasian Aloe vera dapat berupa pemberian secara topikal atau pemakaian luar, yaitu dioleskan pada kulit hewan. Pada penelitian yang dilakukan oleh Yadav (2012), luka hewan coba yang dioleskan dengan Aloe vera terbukti mampu untuk memberikan periode epitelisasi yang lebih singkat, sehingga dapat mempercepat penutupan luka, serta pola penyembuhan yang lebih baik.

Namun, penggunaan Aloe vera harus diperhatikan loh, Pet mates! Bila terkonsumsi oleh hewan peliharaan dalam jumlah yang banyak, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan diare, rasa sakit, penurunan berat badan, hingga dehidrasi [6]. Oleh karena itu, bila Aloe vera diaplikasikan pada kulit hewan, dapat dipastikan untuk menggunakan E-collar atau cone pada hewan ya, sehingga tidak terjilat atau termakan oleh hewan peliharaan!


greatpetcare.com

    Dengan membaca artikel diatas, kita sudah mengetahui berbagai kelebihan dari Aloe vera bagi hewan peliharaan loh, Pet mates! Namun, sebelum diaplikasikan kepada hewan, pastikan untuk konsultasi ke dokter hewan terdekat ya! 

REFERENSI:

[1] Saleem, A., Naureen, I., Naeem, M., Murad, H.S., Maqsood, S. and Tasleem, G., 2022. Aloe Vera Gel Effect on Skin and Pharmacological Properties. Sch Int J Anat Physiol, 5(1), pp.1-8.

[2] Kamr, A., Arbaga, A., El-Bahrawy, A., Elsify, A., Khaled, H. and Hassan, H., 2020. The Therapeutic Efficacy of Aloe Vera Gel Ointment On Staphylococcal Pyoderma In Dogs. Veterinary World, 13(11), p.2371.

[3] Prakoso, Y.A. and Kurniasih, K. 2017. Effects Of Aloe Vera Cream On Skin Wound Healing In Sprague Dawley Rats: The Role Of CD4+ And CD8+ Lymphocytes. In 1st International Conference in One Health (ICOH 2017) (pp. 58-63). Atlantis Press.

[4] Fox, L.T., Du Plessis, J., Gerber, M., Van Zyl, S., Boneschans, B. and Hamman, J.H., 2014. In Vivo Skin Hydration and Anti-Erythema Effects Of Aloe Vera, Aloe Ferox And Aloe Marlothii Gel Materials After Single And Multiple Applications. Pharmacognosy Magazine, 10(Suppl 2), p.S392.

[5] Yadav, K.C.H., Kumar, J.R., Basha, S.I., Deshmukh, G.R., Gujjula, R., dan Santhamma, B. 2012. Wound Healing Activity of Topical Application of Aloe vera Gel in Experimental Animal Models. International Journal of Pharma and Bio Sciences 3(2).

[6] Sudhakar, P., Prabhu, V.V., Jamuna, B., Adithya, R.S., Soman, L., Joy, A., dan Anand. 2018. Pre Clinical Toxicological Evaluation of Aloe vera Health Drinks in Wistar Rats. International Journal Research in Pharmaceutical Sciences and Technology 1(1).


Post a Comment

0 Comments