Bagaimana Efek Interaksi Manusia pada Perkembangan Anak Kucing?

 Penulis: Oriza Aleyda

 

(sumber: freepik.com)

Sebagai salah satu hewan kesayangan favorit, kucing merupakan hewan peliharaan yang umum hidup di antara masyarakat. Tidak jarang Pet Mates yang memelihara kucing, termasuk anak kucing atau kitten. Namun, apakah interaksi sosial antara manusia dan kitten sejak dini memiliki dampak pada kehidupan kitten tersebut? Yuk, cek artikel berikut untuk tahu informasinya lebih lanjut!

Dalam masa pertumbuhannya, anak kucing memiliki periode sensitif, yaitu periode yang berlangsung ketika kucing masih berusia dua sampai pertengahan tujuh minggu. Periode ini membuat rangsangan serta pengalaman yang dialami anak kucing akan berdampak pada perilakunya seiring dengan pertumbuhan. Ketika anak kucing mulai berinteraksi dengan manusia mulai dari periode sensitif, anak kucing tersebut akan memiliki rasa kepercayaan dan menjadi akrab dengan manusia hingga dewasa (Turner 2021).

Anak kucing yang memiliki pola interaksi baik akan memiliki kedekatan dengan manusia ketika semakin dewasa dan tidak merasakan takut atau cemas ketika berinteraksi fisik dengan manusia. Hal ini berlaku pada berbagai stimuli asing lainnya, seperti anak-anak, anjing, gunting kuku, sikat gigi, atau ketika dibawa menggunakan kendaraan. Berbagai kebiasaan baik tersebut dapat membantu Pet Mates dalam merawat anak kucing dan ketika perlu membiasakan anak kucing Anda untuk pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Berbagai interaksi positif antara manusia dan anak kucing dapat ditingkatkan dengan pemberian hadiah seperti makanan dan meniadakan bentuk hukuman karena hal tersebut dapat menciptakan perilaku defensif pada anak kucing (Rodan dan Sparkes 2012).

(sumber: freepik.com)

Jika Anda memelihara anak kucing di rumah, sebaiknya anak kucing Anda dibiasakan untuk berinteraksi dengan manusia sejak dini karena kucing dewasa yang kurang bersosialisasi dengan manusia di usia mudanya akan membutuhkan lebih banyak pendekatan dan kasih sayang agar dapat menerima kehadiran manusia di sekitarnya. Sikap dari kucing yang kurang menerima pendekatan manusia pada usia muda akan lebih mudah terpengaruh oleh pengalaman negatif sehingga dibutuhkan kesabaran dan perhatian lebih jika ingin membiasakan kucing tersebut pada kehadiran manusia (Turner 2021).

Apakah Anda pernah melihat kucing yang manja dan mudah akrab dengan manusia, Pet Mates? Perilaku manja tersebut dapat dipengaruhi oleh interaksi sosial yang dialami kucing tersebut di usia dini. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Karsh (1983), kucing yang diajak berinteraksi selama 40 menit per hari memiliki kedekatan yang lebih baik dengan manusia dibandingkan dengan kucing yang berinteraksi hanya selama 15 menit sehari. Hal ini berlaku pada anak kucing, terutama jika perawatan dan perhatian yang diberikan pada anak kucing dilakukan dengan rasa kasih sayang dan anak kucing diperlakukan dengan lembut (Turner 2017).

Namun, perlu diketahui bahwa anak kucing tidak boleh dipisahkan dari induknya di usia yang terlalu muda, contohnya ketika baru lahir atau baru berumur beberapa hari (sebelum 2 minggu). Hal ini dianjurkan karena induk kucing masih perlu menyusui dan merawat anak-anaknya, seperti menjaga temperatur, membersihkan, dan menstimulasi urinasi serta defekasi dari anak-anaknya (Veronesi dan Fusi 2022). Selain faktor indukan, anak kucing juga memerlukan sosialisasi dengan anak-anak kucing lainnya (littermates) agar dapat mempelajari pola bermain dan bersosialisasi dengan kucing lain. Ketika anak kucing dipisahkan terlalu dini dari induknya beserta anak-anak kucing lainnya, kucing dapat menunjukkan perilaku yang lebih agresif dan mudah mengalami stres seiring dengan pertumbuhannya (Martínez-Byer et al. 2023).

(sumber: dutch.com)

Dapat disimpulkan bahwa interaksi anak kucing dengan manusia dianjurkan agar kucing dapat mengurangi sifat agresif dan lebih mudah akrab dengan manusia. Namun, perlu dipahami bahwa intervensi manusia tidak dianjurkan untuk dilakukan pada anak kucing dengan usia yang masih sangat muda dan masih bergantung pada induknya agar anak kucing mendapatkan perhatian yang cukup dari induknya sebelum dipisahkan. Saran untuk Pet Mates yang memelihara anak kucing adalah jangan lupa biasakan dan periksakan anak kucing Anda ke dokter hewan untuk memastikan kesehatannya, ya!

Daftar Pustaka

Karsh EB. 1983. a. The effects of early handling on the development of social bonds between cats and people di dalam: Katcher AH, Beck AM (editor). New Perspectives on Our Lives with Companion Animals. Pennsylvania (PA): University of Pennsylvania Press.

Martínez-Byer S, Hudson R, Bánszegi O, Szenczi P. 2023. Effects of early social separation on the behaviour of kittens of the domestic cat. Applied Animal Behaviour Science. 259: 105849.

Rodan I dan Sparkes AH. 2012. The Cat: Clinical Medicine and Management. Amsterdam (Belanda): Elsevier Health Sciences.

Turner DC. 2017. A review of over three decades of research on cat-human and human-cat interactions and relationships. Behavioural Processes. 141: 297-304.

Turner DC. 2021. The mechanics of social interactions between cats and their owners. Front Vet Sci. 8:650143.

Veronesi MC dan Fusi J. 2022. Feline neonatology: From birth to commencement of weaning – what to know for successful management. Journal of Feline Medicine and Surgery. 24(3): 232-242.

Post a Comment

0 Comments