Kapan Anak Kucing Bisa Diberi Makan?

 

By: Gusti Ayu Illiyin Putri Santosa

 

Source: www.freepik.com 

Halo Pet Mates, tahukah bahwa anak kucing memiliki periode pertumbuhan yang perlu diperhatikan agar pertumbuhannya bisa optimal? Periode pertumbuhan ini juga akan mempengaruhi kapan anak kucing pertama kali bisa diberikan makanan selain susu. Lalu, Kapan Anak Kucing Bisa Diberi Makan? sebelumnya yuk cari tahu dulu mengenai periode kehidupan anak kucingmu:

·       Periode Neonatal 0-3 minggu

Anak kucing yang baru lahir masih sangat bergantung pada induknya karena mata dan telinga masih tertutup. Pada usia sekitar lima hari, anak kucing akan mulai membuka mata mereka. Tali pusar mereka akan terlepas sekitar satu minggu setelah kelahiran. Waktu ini juga adalah saat mereka mulai naik berat badan antara 10 g hingga 30 g setiap hari[1]. Disarankan untuk mendapatkan susu dari induknya setiap 2 jam sekali. Memasuki usia 2 minggu anak kucing sudah mulai belajar mandiri dan sudah tidak bergantung sepenuhnya dengan induk. Diusia sekitar 2-3 minggu, gigi susu anak kucing sudah mulai muncul sehingga sudah bisa diperkenalkan dengan makanan lain (kitten food) dengan tekstur yang dilembutkan dan mudah dikunyah. Sistem pencernaan mereka yang belum matang berarti penting untuk mendapatkan makanan yang mudah dicerna yang memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik pada tahap ini[1].

·       Periode Weaning - Masa Menyapih 4-8 minggu

Di periode ini, anak kucing sudah bisa diberikan makanan kering. Berikan kitten food yang tepat untuk anak kucing hingga dia berusia dewasa[2].

·       Periode Intense Growth 8-16 minggu

Diperiode ini, anak kucing sudah bisa diberikan makanan kering. Berikan makanan untuk anak kucing hingga dia berusia dewasa[1].

Source: shutterstock

Lalu tahukah Pet Mates apa saja yang bisa kita berikan untuk anak kucing Pet Mates?[3]

1.     Susu

Saat pertama kali lahir, anak kucing Pet Mates hanya akan meminum susu induknya, jika ia mampu menyediakannya. Kolostrum adalah susu pertama induknya yang memberikan antibodi penting untuk meneruskan kekebalan kepada anak kucing di awal perkembangannya.

2.     Pengganti susu dan susu formula (Milk Replacer)

Jika anak kucing Pet Mates tidak bersama induknya atau induknya tidak dapat memberikan susu, Pet Mates dapat menggunakan susu pengganti untuk anak kucing. Diformulasikan secara khusus, produk susu pengganti memberikan semua manfaat dan nutrisi dari susu induk dan harus digunakan sampai anak kucing Pet Mates mulai mengonsumsi makanan basah/kering.

3.     Makanan anak kucing kering

Makanan kering seperti kibble adalah pilihan yang bagus untuk anak kucing. Untuk anak kucing yang masih kecil, Pet Mates bisa mengenalkan makanan kering dengan cara membasahinya dengan air agar lebih mudah dikunyah.

4.     Makanan anak kucing basah.

Makanan basah merupakan alternatif atau pelengkap makanan kering dan menghilangkan kebutuhan untuk menambahkan air. Banyak anak kucing dan kucing dewasa mengonsumsi makanan campuran kering dan basah.

Berikan makanan untuk anak kucing dengan produk Royal Canin yang sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Royal Canin memiliki produk yang telah diformulasikan khusus untuk mendukung pertumbuhan anak kucing usia diatas 1-4 bulan dalam produk Mother & Babycat dan Royal Canin Kitten untuk anak kucing usia diatas 4 bulan hingga menjelang dewasa. Produk ini mengandung tingkat protein, mineral, dan vitamin yang disesuaikan untuk membantu memenuhi tingkat energi, meningkatkan dan mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Produk ini juga mengandung antioksidan yang telah terbukti merangsang peningkatan antibodi yang lebih tinggi dan lebih cepat setelah vaksinasi.  Produk ini juga diperkaya dengan asam lemak Omega-3 (DHA) untuk mendukung perkembangan otak dan meningkatkan penglihatan yang sehat.

Baca selengkapnya disini: Royal Canin Kitten https://www.royalcanin.com/id/cats/products/retail-products/kitten-2522

Mother & Babycat | Royal Canin Indonesia

References:

[1] Royal Canin. Kitten development from birth to adulthood. https://www.royalcanin.com/us/cats/kitten/kitten-development-from-birth-to-adulthood (diakses 15 Februari 2024)

[2] Royal Canin. Weaning. https://www.royalcanin.com/id/cats/kitten/weaning (diakses 15 Februari 2024)

[3] Royal Canin. A guide to kitten feeding. https://www.royalcanin.com/us/cats/kitten/kitten-feeding-and-nutrition  (diakses 15 Februari 2024)

Post a Comment

0 Comments