Perawatan dan Nutrisi Anak Anjing

Penulis: Belgia Basyirasaniyanti

Memelihara anak anjing bukanlah sesuatu yang mudah! Hewan yang baru lahir secara kesehatan belum matang; persentase lemak tubuh rendah—1%-2% dibandingkan dengan 12%-35% pada hewan dewasa. Minggu pertama kehidupan anak-anak anjing adalah minggu paling penting bagi kelangsungan hidup mereka. Apa saja yang perlu menjadi perhatian Pet Mates?

Kondisi Anak Anjing
Anak anjing memiliki frekuensi nafas yang cepat, sekitar 15-35 nafas per menit dan detak jantung yang cepat (200-220 detak per menit). Masalah nutrisi pertama pada anak anjing adalah mereka menerima kolostrum segera setelah lahir; semua anak anjing harus diarahkan ke puting susu untuk memastikan mereka mendapatkan kolostrum dalam waktu 24 jam setelah lahir. Prioritas berikutnya adalah menjaga kehangatan. Anak anjing yang baru lahir tidak bisa mengatur suhu tubuh mereka (yaitu 34°-35°C selama 14 hari pertama). Jika mereka kedinginan, anak anjing tidak bisa makan, yang dapat menyebabkan mereka penolakan oleh induknya.

Nutrisi Anak Anjing
Cara yang baik untuk memastikan anak anjing makan dan berkembang secara normal adalah dengan mengecek berat badannya secara berkala. Biasanya anak anjing harus menambah 1-2 g per hari per pound. Malnutrisi biasanya diakibatkan oleh kematian atau ditelantarkan oleh induk atau kegagalan laktasi. Dalam keadaan seperti ini, pengganti susu harus digunakan digunakan untuk memberi makan anak anjing. Seperti terlihat pada Tabel 2-1 komposisi susu sapi cukup berbeda dengan susu anjing dan kucing, dan susu sapi tidak boleh diberikan sendiri. Pet Mates dapat menggunakan susu pengganti khusus anjing dan kucing karena sudah diformulasikan.
Anak anjing dapat diberikan makan selama 4-6 kali sehari, tetapi pemberian makan diberikan pada waktu yang sama, sekitar pukul 08.00, 12.00 siang, 16.00, dan 21.00 (jangan membangunkan anak anjing untuk memberinya makan) cukup jika anak anjing dipelihara pada suhu yang tepat. 
Susu dan peralatan yang digunakan pemberian makan harus sebersih mungkin. Anak anjing yang lebih besar dapat diberi makan dari botol bayi yang kecil; untuk anak anjing yang lebih kecil, dapat digunakan dot botol boneka atau dot yang dibuat untuk anak anjing. 
Jika diare, pertahankan jumlahnya cairan diberikan, namun kurangi padatannya dengan mengencerkan formula 25% menjadi 50%. Seperti halnya anak anjing yang dibesarkan oleh induknya, anak anjing yang tidak ada induk harus didorong untuk makan dari wajan pada usia 3 minggu dan harus menyelesaikan transisi ke diet pertumbuhan dalam 6 hingga 8 minggu

Tempat untuk Anak Anjing Baru Lahir
Inkubator buatan yang hangat bisa membantu anak anjing hidup pada masa-masa kritis. Ini bisa dibuat dari kotak karton, bantalan pemanas kering, termometer, handuk kain, koran, dan spons. Penutup bantalan pemanas harus ditempelkan pada handuk agar dapat menjaga kehangatan bagian lantai, handuk menutupi kira-kira setengah luas lantai kotak. Termometer harus digantung di kotak dekat lantai, dan di bagian atas kotak harus ditutup untuk membantu menahan panas.

Referensi
Buffington, Tony., Cheryl Holloway, Sarah Abood., 2004. Manual of Veterinary Dietetics Books. Elsevier: United States.

Post a Comment

0 Comments