Tumor yang Umum Terjadi pada Anjing Tua: Kenali untuk Penanganan yang Tepat

Penulis: Viviana Anyaputri Tanurahardja

(dailypaws.com)
Tumor kulit dapat terjadi sepanjang hidup anjing, tetapi lebih sering terlihat seiring bertambahnya usia hewan. Salah satu tumor yang umum terjadi pada anjing tua adalah melanoma. Pengenalan dini terhadap tumor ini menjadi kunci untuk penanganannya, yang dapat mengarah pada upaya yang lebih berhasil dalam menghilangkan dan mengidentifikasi tingkat atau stadium kanker untuk menentukan pengobatan. Inilah yang perlu Pet Mates ketahui tentang melanoma pada anjing.

MELANOMA DAN PENYEBABNYA
Melanoma adalah tumor yang relatif umum pada anjing, terutama pada anjing dengan tingkat pigmentasi kulit yang signifikan (Clark, 2024). Melanoma muncul dari melanosit, yaitu sel penghasil pigmen dalam tubuh (Bergman, 2020). Pada anjing, melanoma paling sering terlihat sebagai lesi soliter di kepala, kaki, atau jari, dan bisa tampak abu-abu atau hitam. Anjing biasanya berusia lebih dari sembilan tahun pada saat timbulnya penyakit ini (Miller et al., 2013).
Sel pigmen/melanosit pada kulit (stock.adobe.com)
Alasan mengapa anjing tertentu dapat mengidap penyakit ini, atau kanker apa pun, tidaklah jelas. Sebagian besar tampaknya disebabkan oleh kombinasi faktor risiko yang kompleks, sebagian lingkungan dan sebagian lagi bersifat genetik atau keturunan. Secara keseluruhan, potensi penyebab melanoma pada anjing peliharaan belum dijelaskan dengan baik, meskipun mungkin ada hubungan genetik pada hewan yang mengidap melanoma (VCA Animal Hospitals).

TANDA KLINIS
Tanda klinis melanoma bergantung pada lokasi yang terkena: Dalam kasus melanoma oral (mulut), Pet Mates biasanya pertama kali dapat menyadari gejala seperti bau mulut dan perilaku mengunyah yang tidak normal. Karena tumor ini dapat menyerang tulang di bawahnya, kelainan bentuk, nyeri, pendarahan, dan kehilangan gigi sering kali akhirnya terlihat. Pendarahan dari mulut, nafsu makan yang buruk, atau penurunan berat badan juga dapat terlihat jika anjing kalian menderita melanoma oral (VCA Animal Hospitals).
Lesi pada mulut (canadapetcare.com)
Di lokasi lain, melanoma digit (jari kaki) bisa jauh lebih menyakitkan dan mengkhawatirkan kesehatan hewan peliharaan. Melanoma digit mewakili hampir 25% tumor digit pada anjing dan dapat menyebabkan kerusakan mendasar pada bagian tulang jari kaki, menyebabkan nyeri dan/atau pembengkakan yang parah. Hal ini dapat menyebabkan Paw Kids menjilat atau mengunyah jari kaki yang terdampak secara berlebihan dan bahkan dapat menyebabkan ketimpangan.
Tumor di antara digit (criticalcaredvm.com)

DIAGNOSIS
Kecurigaan terhadap tumor ini mungkin didasarkan pada munculnya massa berpigmen (berwarna) pada kulit atau jari kaki. Mengingat melanosit menghasilkan melanin (pigmen hitam), massa seringkali berwarna hitam. Namun, ada jenis melanoma yang disebut melanoma amelanotic yang tidak menghasilkan pigmen; tidak semua melanoma berpigmen. 
Fine needle aspiration (FNA) atau aspirasi jarum halus dapat dilakukan pada awalnya untuk menentukan apakah ada sel abnormal yang mungkin mengindikasikan melanoma (Benaduce, 2023). Biopsi, atau pengambilan sebagian besar tumor (atau mengangkat seluruh tumor), mungkin disarankan. Seorang ahli patologi hewan kemudian akan memeriksa jaringan di bawah mikroskop dan membuat diagnosis.

PENANGANAN DAN PENGOBATAN
Pengobatan melanoma pada anjing paling baik dilakukan dengan bedah pengangkatan tumor dan jaringan di sekitarnya. Jika ditemukan bukti penyebaran tumor selama penentuan stadium (misalnya ke kelenjar getah bening lokal di kaki yang terkena) maka kelenjar getah bening tersebut dapat diangkat juga (Raleigh, 2021), dan kemoterapi atau terapi lain dapat dipertimbangkan. 
Telah tersedia juga vaksin melanoma untuk anjing. Hal ini paling sering digunakan untuk melanoma oral tetapi juga dapat digunakan untuk melanoma digit. Vaksin ini bukan bersifat sebagai pencegahan tetapi melatih sistem kekebalan anjing Pet Mates untuk mengenali protein melanoma sebagai ancaman dan melawan sel tumor.
Pemeriksaan ke dokter hewan (dogster.com)
Diagnosis melanoma kompleks dan tidak selalu mudah maka jika Pet Mates dapat mengenalinya dengan lebih cepat dan segera membawa Paw Kids ke dokter hewan, kesuksesan penanganannya dapat lebih tinggi. #AyokeDokterHewan


DAFTAR PUSTAKA
[1] Benaduce Emanuelli Mello, C., Engelmann, A. M., Kommers, G. D., Martins Flores, M., Almeida Fighera, R., Rodrigues e Rodrigues, B., ... & Melazzo de Andrade, C. (2023). Fine needle aspiration cytology: high accuracy in diagnosing cutaneous and subcutaneous neoplasms in dogs. Comparative Clinical Pathology, 32(1), 155-164. 
[2] Bergman, P.J. (2020). Melanoma. In Clinical Small Animal Internal Medicine (eds D.S. Bruyette, N. Bexfield, J.D. Chretin, L. Kidd, S. Kube, C. Langston, T.J. Owen, M.A. Oyama, N. Peterson, L.V. Reiter, E.A. Rozanski, C. Ruaux and S.M.F. Torres). https://doi.org/10.1002/9781119501237.ch153 
[3] Clark, Mitzi D. (2024). Dermatology and the aging dog. Vetfocus Royal Canin. https://vetfocus.royalcanin.com/en/scientific/dermatology-and-the-aging-dog 
[4] Elfenbein, Hanie. (2019). Melanoma Tumors in Dogs. PetMD Editorial. https://www.petmd.com/dog/general-health/evr_dg_melanoma_tumor_in_a_dog 
[5] Llera, R., Stoewen, D., & Pinard, C. Melanomas of the Skin and Toes. VCA Animal Hospitals. https://vcahospitals.com/know-your-pet/melanomas-of-the-skin-and-toes 
[6] Miller, W.H., Griffin, C.E., & Campbell, K.L. (2013). Mueller & Kirk’s Small Animal Dermatology, 7th ed. Saunders-Elsevier; 2013;822-823. 
[7] Raleigh, M. L., Smith, M. M., & Taney, K. (2021). Curative intent surgery of oral malignant melanoma and regional lymph node biopsy assessment in 25 dogs: 2006–2017. Journal of Veterinary Dentistry, 38(4), 193-198

Post a Comment

0 Comments